Sejarah MOBA dan Pengaruhnya: Arena Pertarungan yang Mengubah Dunia

Siapa sih yang nggak kenal MOBA? Game yang satu ini udah jadi favorit banyak banget gamer di seluruh dunia. Mulai dari gameplay yang seru, kerja sama tim yang bikin greget, sampai kompetisi yang sengit, MOBA emang bikin ketagihan. Nah, di artikel ini kita bakal bahas tuntas sejarah MOBA dan pengaruhnya, dari awal mula sampai jadi game sekeren sekarang.

Sejarah MOBA Lahir: Inspirasi dari Zaman Dulu

Nah, ternyata cikal bakal MOBA itu udah ada dari tahun 90-an loh, pas game real-time strategy (RTS) lagi ngetren. Salah satu game yang punya pengaruh gede banget buat sejarah MOBA adalah custom map di StarCraft yang namanya Aeon of Strife. Map ini dibikin sama pemain yang dipanggil Gunner_4_ever, terus dirilis tahun 2002. Di Aeon of Strife, pemain cuma bisa kontrol satu hero aja buat ngelawan musuh yang dikontrol sama komputer, di tiga jalur yang beda-beda.

Meskipun cuma map custom, Aeon of Strife udah punya beberapa elemen penting yang jadi ciri khas MOBA, kayak hero, jalur alias lane, sama ‘minion/creep’. Jadi, map ini emang udah ngasih gambaran gimana MOBA bakal berkembang di masa depan. Di Aeon of Strife, pemain bisa upgrade hero atau beli pasukan tambahan pake mineral yang didapet dari ngalahin musuh. Sayangnya, kemampuan editor StarCraft waktu itu masih terbatas, jadi desain sama mekanisme mapnya masih sederhana. Tapi meskipun gitu, map ini tetep punya pengaruh besar buat game MOBA selanjutnya, yang namanya Defense of the Ancients (DotA).

Defense of the Ancients (DotA): Awal Mula MOBA Modern

Setelah Aeon of Strife, muncul deh map custom baru di Warcraft III: Reign of Chaos, namanya Defense of the Ancients (DotA). Map ini dibikin sama pemain yang dipanggil Eul. Tujuan main DotA itu simpel banget, hancurin Ancient punya musuh yang dijaga ketat di markas mereka. Nah, pemain di sini bakal kontrol satu hero yang punya skill unik, terus kerja sama bareng satu tim buat menang.

DotA langsung meledak! Sampai-sampai ada banyak versi sama modifikasi bermunculan. Yang paling terkenal sih DotA Allstars, yang dikelola sama Steve “Guinsoo” Feak, terus dilanjutin sama IceFrog. DotA Allstars ini nambahin banyak fitur baru yang jadi ciri khas MOBA sampai sekarang, kayak:

  • Pilihan Hero dan Peran: Pemain bisa pilih hero dari banyak pilihan, masing-masing punya skill sama peran yang beda-beda, kayak tank, support, atau carry.
  • Item dan Gold: Pemain bisa dapetin gold dari ngalahin musuh, terus gold ini bisa dipake buat beli item yang bikin hero jadi makin kuat.
  • Experience Points dan Leveling Up: Hero bakal dapet experience points kalo ikutan ngelawan musuh. Nah, experience points ini bikin hero naik level sama buka skill baru.

BACA JUGA: Sejarah Mortal Kombat yang Penuh Darah

MOBA Berdiri Sendiri: Era Baru Dimulai!

Nggak bisa dipungkiri, DotA itu sukses berat! Saking populernya, banyak developer yang kepikiran buat bikin game MOBA sendiri, biar bisa lebih keren lagi dari DotA.

  • League of Legends (LoL): Riot Games rilis LoL tahun 2009, dan nggak butuh waktu lama buat game ini jadi salah satu MOBA paling populer di dunia. Riot Games rajin banget ngasih update, sistem ranking yang keren, sama kompetisi esports profesional. Makanya, LoL sukses banget nempatin posisinya di sejarah game dunia.
  • Heroes of Newerth (HoN): Tahun 2010, S2 Games juga nggak mau kalah. Mereka ngerilis Heroes of Newerth, yang gameplay-nya mirip banget sama DotA, tapi dengan grafis sama mekanisme yang lebih baru. HoN punya penggemar setia juga, tapi sayangnya kalah pamor sama MOBA lainnya.
  • Dota 2: Valve Corporation lihat kesuksesan DotA, terus mereka kerja sama sama IceFrog buat bikin sekuel sendiri. Dota 2 resmi dirilis tahun 2013, dan langsung jadi pemain besar di dunia MOBA. Game ini terkenal banget karena gameplay-nya yang kompleks dan dalam.

MOBA Esports: Jadi Ajang Kompetisi Dunia

Sepanjang sejarahnya, MOBA tuh emang game yang kompetitif banget, makanya nggak heran kalo genre ini cepet banget naik daun di komunitas gaming profesional. Turnamen sama liga besar mulai bermunculan, hadiahnya gede banget, penontonnya juga banyak banget.

  • The International (TI): Turnamen Dota 2 tahunan yang diadain sama Valve, namanya The International, pertama kali muncul tahun 2011 dengan hadiah 1 juta dolar AS. Sejak itu, hadiahnya terus meningkat, bahkan di TI 2021 total hadiahnya lebih dari 40 juta dolar AS! Gila banget, kan? Jadi salah satu acara esports terbesar sepanjang sejarah nih.
  • League of Legends World Championship: Riot Games juga nggak mau kalah. Mereka bikin League of Legends World Championship tahun 2011, dan sekarang udah jadi tontonan dunia. Jutaan orang nonton bareng buat liat tim-tim terbaik bertarung demi dapetin Summoner’s Cup.
  • Turnamen Lainnya: MOBA lain kayak Mobile Legends atau Honor of Kings juga punya kancah kompetitif sendiri loh. Jadi, genre MOBA tuh emang udah jadi bagian penting banget di dunia esports.

Evolusi MOBA: Makin Seru, Makin Keren!

Developer MOBA nggak pernah berhenti berinovasi. Mereka terus aja nambahin mekanisme baru, fitur baru, sama elemen tema yang bikin game mereka makin beda dari yang lain.

  • MOBA Mobile: Zaman sekarang, siapa sih yang nggak main game di HP? Makanya, MOBA versi mobile juga muncul, kayak MLBB sama HoK. Mereka nge-adaptasi mekanisme MOBA yang udah ada biar bisa dimaenin pake sentuhan jari, jadi makin banyak orang yang bisa main MOBA deh.
  • Genre Hybrid & MOBA Kontemporer: Game kayak Heroes of the Storm dari Blizzard bikin sistem progresi hero yang unik banget. Beberapa developer bahkan nyoba nge-blend elemen MOBA sama genre lain. Contohnya, Smite dari Hi-Rez Studios yang ngegabungin action third-person sama gameplay MOBA tradisional. Ada juga beberapa game developer yang coba gabungin antara MOBA sama Battle Royale. Sayangnya nih, game-game MOBA yang ‘kontemporer’ tadi belum ada yang bisa ngalahin MOBA ‘murni’ dan bahkan udah banyak yang sampe bangkrut.
  • Auto Battlers: Gara-gara MOBA populer banget, muncul deh genre baru namanya auto battler. Game kayak Dota Underlords sama Teamfight Tactics jadi favorit banyak orang. Game-game ini masih punya elemen strategi MOBA, tapi cara mainnya beda banget.

Pengaruh MOBA di Dunia Game: Bukan Main-Main!

Suksesnya MOBA itu bukan cuma soal banyak yang main, tapi juga soal pengaruhnya yang gede banget buat budaya gaming sama industri game secara keseluruhan.

  • Esports Go International: MOBA punya peran penting banget dalam bawa esports ke panggung dunia. Acara kayak The International sama League of Legends World Championship diliput media besar-besaran, bahkan dapet sponsor dari brand-brand terkenal.
  • Streaming Makin Eksis: Platform kayak Twitch sama YouTube jadi tempat nongkrong wajib buat komunitas MOBA. Para streamer sama content creator bisa bagi-bagi gameplay, tutorial, sampai hiburan seru yang berhubungan sama game favorit mereka.
  • Komunitas Makin Solid: Developer MOBA itu perhatian banget sama komunitasnya. Mereka rajin banget interaksi sama pemain lewat forum, media sosial, sama acara-acara in-game. Makanya, nggak heran kalo komunitas MOBA itu kuat banget sama punya dedikasi tinggi.
  • Genre Lain Ikutan Nge-Tren: Saking suksesnya MOBA, genre lain jadi kepengaruh buat masukin elemen-elemen MOBA ke game mereka. Contohnya, game hero-based shooter kayak Overwatch sama game battle royale kayak Fortnite yang pake skill hero sama strategi tim.

Tantangan dan Kritik: Ada Terang, Ada Gelap

Meskipun sukses banget, MOBA nggak lepas dari tantangan dan kritik selama bertahun-tahun.

  • Toxic Player Bikin Bete: Sifat kompetitif MOBA kadang bikin pemain jadi toxic. Udah ada sih sistem lapor sama insentif buat pemain yang berperilaku baik, tapi masalah ini masih aja ada. Dan, mungkin masalah ini ga bakalan hilang. Jadi, kalau kalian pengen main MOBA, ya udah siapin mental aja ketemu banyak pemain yang nyebelin — khususnya kalo main solo.
  • Susah Dikuasai, Bro! MOBA itu terkenal susah buat dipelajari, apalagi buat pemain baru. Ada tutorial, mode latihan, sama fitur-fitur buat pemula, tapi tetep aja susah.
  • Balance Itu Penting: Jaga balancing di game yang punya banyak hero sama update rutin itu nggak gampang, lho. Komunitas sering banget debat soal perubahan sama penyesuaian, jadi nunjukkin betapa sulitnya buat bikin game yang beneran seimbang. Kombinasi antara ratusan hero, ribuan skill, sama segudang item itu jelas akan susah banget dibuat beneran ‘balanced’.

MOBA Go Mobile: Tantangan Baru, Keseruan Baru!

Salah satu momen penting di evolusi MOBA itu pas mereka pindah dari PC ke platform mobile. Developer MOBA harus beradaptasi buat menyesuaikan mekanisme MOBA yang rumit sama keterbatasan dan kemampuan perangkat mobile.

  • Skema Kontrol Baru: Awalnya, MOBA mobile kayak Vainglory nyoba niru kontrol point-and-click kayak di PC pake sentuhan jari. Tapi ternyata susah banget buat bikin sistem itu intuitif di layar sentuh yang ukuran minimalis. Akhirnya, muncul solusi dari game kayak Mobile Legends sama Honor of Kings yang pake kontrol analog joystick, mirip tombol “WASD” di keyboard. Cara ini bikin gerakan hero jadi lebih presisi dan lancar, bikin pengalaman main di HP jauh lebih enak.
  • Durasi Pertandingan Lebih Pendek: Biasanya, MOBA mobile punya durasi pertandingan yang lebih pendek dibanding versi PC-nya. Ini sengaja dibikin buat nyesuaiin sama kebiasaan pemain mobile yang lebih suka main game sebentar-sebentar.
  • Main MOBA di Mana Aja: Pindah ke platform mobile bikin MOBA jadi lebih mudah diakses. Pemain bisa ikut battle di mana aja, kapan aja. Jadinya, makin banyak orang yang main MOBA, deh!
  • Cross-Platform Play: Beberapa MOBA mobile bahkan bisa main bareng sama pemain di perangkat lain. Ini bikin komunitas pemain jadi lebih besar dan lebih terhubung.

BACA JUGA: Lika-Liku Sejarah Honor of Kings Menuju Sukses

Masa Depan MOBA: Makin Canggih?

Industri game terus berkembang, dan pastinya genre MOBA juga bakal ikut berkembang. Ada beberapa tren sama potensi perkembangan yang bisa ngebentuk masa depan MOBA, nih!

  • Teknologi Makin Maju: Kemajuan di hardware dan software, kayak virtual reality (VR) sama augmented reality (AR), bisa bikin cara main MOBA jadi lebih seru dan imersif. Kebayang nggak, main MOBA sambil ngerasa kayak beneran ada di arena pertempuran? Keren banget, kan!
  • Main Bareng di Semua Platform: Sekarang, game cross-platform udah makin banyak, dan MOBA juga bisa ikutan tren ini. Nantinya, kita bisa main MOBA bareng sama teman-teman, nggak peduli mereka pake PC, konsol, atau HP. Komunitas MOBA pasti bakal makin gede dan seru!
  • Esports Makin Meriah: Esports MOBA pasti bakal terus berkembang, dengan investasi yang lebih besar, kualitas produksi yang lebih tinggi, sama partisipasi dari pemain seluruh dunia. Siapa tahu, nanti ada tim Indonesia yang jadi juara dunia di turnamen MOBA internasional!
  • Gameplay Makin Inovatif: Developer MOBA pasti bakal terus nyari cara buat bikin gameplay makin seru. Bisa aja nanti ada kustomisasi hero yang lebih mendalam, map yang dinamis, atau lingkungan yang lebih interaktif. Pokoknya, MOBA bakal terus berkembang jadi genre game yang makin keren!
  • Konten Buatan Komunitas: Konten buatan komunitas sama keterlibatan pemain tetep bakal jadi hal penting di MOBA. Developer bisa ngasih lebih banyak tools sama dukungan buat pemain bikin mode game, hero, atau konten lainnya. Kreativitas komunitas MOBA pasti bakal makin berkembang, deh!

Intinya? MOBA Udah Jadi Legenda!

Sejarah MOBA itu bukti gimana genre ini punya daya tarik yang nggak ada matinya, dan pengaruhnya yang luar biasa besar di industri game. Mulai dari Aeon of Strife yang jadi cikal bakal di StarCraft, sampai kesuksesan DotA dan sekuel-sekuelnya yang bikin heboh, MOBA selalu berkembang dan berinovasi.

Game-game MOBA kayak League of Legends sama Dota 2 nggak cuma ngerubah dunia gaming kompetitif, tapi juga bikin ekosistem esports gede-gedean yang ditonton sama jutaan orang di seluruh dunia. MOBA juga berhasil pindah ke platform mobile, kayak Vainglory, Mobile Legends, sama Honor of Kings yang bikin gameplay strategis bisa dinikmatin sama lebih banyak orang lagi.

Teknologi juga terus maju, jadi masa depan MOBA masih cerah banget, nih! Mungkin nanti kita bisa main MOBA pake virtual reality (VR), main bareng di beda-beda platform, atau nemuin mekanisme gameplay baru yang lebih seru lagi. Pengaruh MOBA udah sampai ke genre game lain, bikin komunitas yang rame sama pemain, content creator, sama pro player esports yang keren-keren.

Kesimpulannya, MOBA udah jadi bagian penting banget di dunia game. Gameplay-nya yang strategis, sifat kompetitifnya, sama perkembangannya yang terus-menerus bikin MOBA jadi favorit banyak orang. MOBA pasti bakal tetep jadi andalan di dunia game, dan bakal terus menginspirasi generasi pemain sama developer baru di masa depan.

Apapun game MOBA kesayangan kalian, entah itu MLBB, HoK, Dota 2, LoL, ataupun yang laennya, satu hal yang pasti, kalo kalian pengen topup yang paling murah dan terjamin, kalian bisa ke RRQ TopUp ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *