Panduan Combat System dan Mekanik Zenless Zone Zero

Meskipun sudah banyak beredar Action RPG dengan ciri khas mereka masing-masing, tetapi HoYoverse ternyata berhasil merancang Combat System yang segar untuk Zenless Zone Zero. Tampak sederhana memang, tetapi ZZZ memiliki banyak aspek kunci yang perlu diperhatikan untuk menguasai pertarungan.

Tetapi satu hal yang pasti, perasaan satisfying ketika berhasil menangkis serangan memiliki kepuasan tersendiri bagi para pemainnya.

Dalam satu tim, pemain dapat mengisi 3 Agent atau karakter dengan kemampuan mereka masing-masing. Setiap karakter memiliki properti mereka masing-masing, yang sangat penting ketika ingin membentuk sebuah tim yang sinergis.

Agent / Karakter

Terdapat tiga jenis properti karakter penting yang perlu kamu tahu yaitu Fighting Style, Attribute, dan Faction. Berikut ini penjelasan singkat terkait ketiganya.

Fighting Style

Istilah ini sebenarnya merujuk kepada peran dari sebuah karakter di dalam tim. Terdapat lima jenis Fighting Style yang ada di ZZZ, yakni Attack, Stun, Anomaly, Support, dan Defense. Dari namanya saja, kamu mungkin sudah bisa menebak apa fungsi dari masing-masing Fighting Style.

Pada umumnya, Attack, Stun dan Anomaly merupakan Fighting Style karakter ofensif, sedangkan Support dan Defense untuk karakter yang lebih defensif.

Karakter Attack bertugas untuk memberikan damage secara langsung melalui setiap serangannya. Biasanya, peran ini diisi oleh karakter yang membutuhkan banyak sekali field-time.

Karakter Anomaly merupakan jenis karakter yang dapat menghasilkan damage melalui mekanik yang disebut dengan Attribute Anomaly, yang akan menghasilkan efek berbeda untuk setiap Attribute-nya. Bagian ini akan dijelaskan lebih lanjut di bagian Attribute. Karakter jenis di game lain, misalnya saja Honkai: Star Rail, memiliki kemiripan dengan karakter-karakter DoT.

Karakter Stun bertugas untuk melumpuhkan musuh di tim secepat mungkin. Peran ini terdengar mirip dengan karakter Attack, tetapi faktor yang paling membedakan efisiensi dari keduanya adalah sebuah mekanik yang disebut dengan Daze.

Daze adalah sebuah meteran yang dimiliki oleh setiap musuh, yang jika mencapai 100%, akan melumpuhkan musuh tersebut. Saat memasuki status Daze, musuh akan menerima damage tambahan. Nah, karakter-karakter Stun ini dilengkapi kemampuan Daze yang lebih tinggi dibandingkan dengan karakter Attack, sehingga peran Stun harus selalu diisi di setiap tim.

Karakter Support adalah karakter-karakter yang akan membantu rekan di tim melalui berbagai hal, misalnya saja seperti buff, debuff, crowd-control, hingga damage off-field.

Karakter Defense merupakan karakter yang kemampuannya berkisar untuk menahan damage yang diterima. Biasanya, karakter di kategori ini memiliki stat HP dan DEF yang lebih tinggi dari karakter lain. Untuk versi 1.0, hanya ada satu karakter Defense saja sehingga masih sulit untuk menebak arah dan fungsi Fighting Style ini di masa yang akan datang.

Attribute

Properti Attribute bisa dikatakan mirip dengan sistem Elemen yang ada di RPG lain. Ada lima Attribute yang ada di ZZZ, yaitu Fire, Electric, Physical, Ice, dan Ether. Saat sebuah karakter menyerang, tipe damage yang mereka hasilkan akan tergantung dengan Attribute yang mereka miliki.

Musuh yang terkena serangan ini akan mendapatkan efek negatif tertentu, berdasarkan Attribute yang ada. Serangan ini akan diakumulasi dan saat mencapai titik tertentu, akan tercipta sebuah status yang disebut dengan Attribute Anomaly. Berikut daftar lengkap dari Attribute Anomaly yang ada di ZZZ:

AttributeAnomalyEfek Attribute Anomaly
FireBurn– Damage-over-Time / DoT.
– Musuh tipe Organic akan lumpuh selama efek ini ada.
ElectricShock– Menghentikan pergerakan.
– Menghasilkan serangan Electric DMG saat ada serangan masuk.
– Musuh tipe Machine akan lumpuh selama efek ini ada.
PhysicalAssault– Menghentikan pergerakan.
– Memicu damage Physical yang sangat tinggi.
– Menambah Daze.
IceFreeze
Frostbite
– Melumpuhkan musuh hingga status Freeze hilang.
– Saat status Freeze hilang, menghasilkan Ice DMG tambahan.
– Musuh akan menerima Crit DMG tambahan untuk setiap
serangan masuk saat berada di status Freeze (efek Frostbite)
EtherCorruption– Menghasilkan Ether DMG tambahan saat diserang.
– Membuat musuh menyerang lawan dan kawannya.

Faction

Faction atau kelompok merupakan sebuah properti yang hanya berpengaruh terhadap komposisi tim. Dengan memasangkan karakter dari kelompok yang sama, maka karakter-karakter ini akan membuka kemampuan pasif tambahan, yang berbeda-beda untuk setiap karakter-nya.

Berikut ini daftar Faction beserta karakter yang diketahui tergabung di dalamnya pada versi 1.0.

FactionAgent
Cunning HaresNicole Demara, Anby Demara, Billy Kid, Nekomata
Belobog Heavy IndustriesGrace Howard, Koleda Belobog, Anton Ivanov, Ben Bigger
Victoria HousekeepingVon Lycaon, Alexandrina Sebastiane, Ellen Joe, Corin Wickes
Sons of CalydonLuciana de Montefio, Piper Wheel
Section 6Soukaku, Hoshimi Miyabi, Harumasa, Yanagi
Criminal Investigation
Special Response Team
Zhu Yuan, Qingyi
Obol SquadSoldier 11

Hal ini mungkin dibuat untuk menambah kompleksitas atau mungkin untuk menyelaraskan dunia dan lore ZZZ ke dalam pertarungan.

Gameplay

Setiap karakter memiliki lima kemampuan atau tombol utama, yaitu Basic Attack, Dodge, Assist, Special Attack, dan Chain Attack. Masing-masing tombol memiliki fungsi yang cukup jelas, tetapi saat digunakan di situasi tertentu akan menghasilkan efek yang berbeda-beda. Berikut ini setiap kombinasi tombol dan cara memicunya.

1. Basic Attack

Basic Attack merupakan cara yang paling dasar untuk menghasilkan damage. Setiap karakter memiliki Attack String yang berbeda dengan kombinasi yang mungkin berbeda juga. Ada karakter-karakter yang mengkombinasikan Basic Attack versi tekan dan tahan, tetapi ada juga karakter yang membutuhkan Timing di antara Basic Attack mereka.

2. Dodge (dan Dash)

Saat ditekan, karakter akan melakukan Dash ke depan. Jika Dash diikuti dengan Basic Attack, maka karakter akan melakukan Dash Attack, yang akan menyerang musuh yang berada di depannya. Tombol ini juga bisa dimanfaatkan untuk berpindah tempat dengan cepat.

Sesaat setelah musuh melancarkan serangan, pemain bisa menekan Dodge untuk menghindari serangan tersebut. Teknik ini disebut dengan Perfect Dodge.

Ketika berhasil memicu Perfect Dodge, pemain bisa menekan Basic Attack untuk memicu Dodge Counter, yang akan menyerang musuh yang ada dengan serangan Heavy Attack.

3. Special Attack

Tombol ini setara dengan Skill di dalam game lain dan memiliki dua jenis, yaitu Special Attack dan EX Special Attack. Perbedaan mendasarnya adalah EX Special Attack memiliki versi yang lebih kuat, tetapi membutuhkan energi untuk mengaktifkannya. Secara umum, Special Attack tanpa energi bisa diabaikan karena tidak memiliki pengaruh yang besar.

Saat ditekan, Special Attack akan memberikan serangan Heavy Attack, yang bisa mengganggu pergerakan lawan.

4. Assist

Saat ditekan, pemain akan berganti ke karakter selanjutnya. Khusus di ZZZ, pemain hanya bisa mengganti karakter satu arah, sehingga tidak adanya tombol khusus (biasanya dengan angka). Tetapi karena jumlah karakter di tim hanyalah tiga, maka penggantian karakter tidaklah terlalu membingungkan.

Ketika ditekan sesaat setelah musuh akan menyerang, karakter selanjutnya akan memicu Perfect Assist, yang akan menangkis serangan. Ketika Perfect Assist dilanjutkan dengan Basic Attack, maka pemain akan memicu Assist Follow-Up yang akan melancarkan Heavy Attack.

Jatah Assist memiliki jumlah yang terbatas dan setiap Perfect Assist yang berhasil akan mengkonsumsi jatah ini. Cara menambah jatah Assist adalah dengan memicu Chain Attack.

Jika karakter aktif terkena serangan Heavy Attack, pemain dapat menekan Assist dalam jangka waktu yang pendek, untuk melakukan Assist Attack dan akan mengganti karakter aktif ke karakter selanjutnya.

5. Chain Attack (dan Ultimate)

Ultimate di ZZZ memiliki mekanik yang cukup unik.

Yang pertama, tombol Ultimate hanya bisa digunakan satu karakter saja. Cara mengaktifkannya adalah dengan mengumpulkan 3000 Decimal Rating yang ada di bawah HP bar karakter dan angka ini akan dikumpulkan bersama oleh ketiga karakter.

Untuk mengumpulkan Decimal Rating bisa melalui beberapa cara, seperti melakukan Basic Attack, Dodge Counter, Assist Follow Up, dlsb.

Ada cara lain untuk mengaktifkan Ultimate tanpa perlu mengumpulkan 3000 Decimal Rating, yaitu dengan memicu Chain Attack. Serangan ini akan otomatis terpicu saat karakter aktif melakukan serangan terhadap musuh yang sedang lumpuh (100% Daze).

Stat

Berikut ini sejumlah istilah terkait stat penting yang setiap karakter miliki

StatKeterangan
ImpactSemakin tinggi Impact karakter maka semakin cepat
karakter untuk mengisi Daze musuh.
PENKarakter akan menghiraukan sebagian DEF musuh –
bersifat flat DEF.
Pen RatioKarakter akan menghiraukan sebagian DEF musuh –
bersifat DEF%.
Anomaly MasterySemakin tinggi maka semakin cepat memicu
untuk Attribute Anomaly di musuh.
Anomaly ProficiencySemakin tinggi maka semakin besar damage
yang dihasilkan dari Attribute Anomaly.
Energy RegenJumlah energi yang dihasilkan hanya dari
durasi karakter selama aktif di arena.
Energy Generation RateJumlah energi yang dihasilkan saat memukul musuh.
Stat ini berpengaruh terhadap Energy Regen.

Itulah tadi penjelasan terkait Combat System, Mekanik, dan Gameplay yang ada di Zenless Zone Zero. Semoga bermanfaat!

Kalau kamu sedang mencari tempat TopUp yang aman, kamu bisa kunjungi RRQ TopUp, karena dijamin lebih murah, cepat, dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *